Apresiasi
:
-Penghargaan
dan pemahaman atas suatu hasil seni
atau budaya
-Apreciate
is to judge the value of; to feel that a thing is good and understand in what
way it is good ( Michael Philip
West, cs : The new Methode English Dictionary)
- Sudah
ada dalam jiwa manusia sejak lahir
- Harus
ditumbuhkan dan ditingkatkan secara terus menerus dengan baik
TUJUAN
APRESIASI
•
Menumbuhkan kepekaan dan keterbukaan terhadap
masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap
masalah-masalah tersebut.
•
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang
lebih hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai
lain yang hidup dlm masyarat
TINGKAT-TINGKAT
APRESIASI
Berdasarkan
proses yang terjadi dalam diri seseorang, apresiasi mengalami beberapa tingkatan :
1.
Tingkat Penikmatan
2.
Tingkat Penghargaan
3.
Tingkat Pemahaman
4.
Tingkat Penghayatan
5.
Tingkat Implikasi
Tingkat penikmatan
•
Menonton/melihat, mendengar, membaca
è merasakan senang
•
Tindakan Operasional :
-
Menonton film tanpa memahami bhsnya
-
Mendengarkan lagu tanpa memahami
kata-katanya
-
dll
Tingkat Penghargaan
•
Kagum, ingin memiliki/membeli è merasakan ada
manfaatnya
•
Tindakan Operasional :
-
melihat kebaikan, nilai, gunanya
-
mendengarkan/melihat dengan seksama
-
mengambil suatu manfaat
-
merasakan suatu pengaruh dalam diri
-
mengagumi dan timbul nafsu utk memiliki
•
Tingkat Pemahaman
•
Bersifat studi èmencari pengertian,
menemukan unsur2 intrinsik dan ekstrinsik
•
Tindakan Operasional :
-
mencari produk budaya yg menarik
-
melakukan apresiasi dg memisahkan unsur intrinsik dan ekstrinsik
-
menganalisis dan menyimpulkan
•
Tingkat Penghayatan
•
Meyakini apa dan bagaimana hakekat sesuatu
itu è
membuat analisa lanjut dengan segala argumentasinya
•
Tindakan Operasional :
-
mencari hakekat arti materi dengan argumentasinya
-
membuat paraphrase dan tafsiran
-
menyusun pendapat berdasarkan hasil analisa
•
Tingkat Implikasi
•
Memperoleh daya tepat guna, bagaimana dan
untuk apa
•
Tindakan Operasional :
-
merasakan manfaat yg luar biasa
-
melahirkan ide baru
-
mengamalkan penemuan, ceramah, diskusi, seminar, dll
•
PENGERTIAN BUDAYA
•
Budaya
atau Kebudayaan
Cultuur (bhs Belanda), Culture
(bhs Inggris) → dari bahasa Latin Colere
•
Colere
Mengolah,
mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan, terutama mengolah tanah (bertani)
→
berkembang menjadi :
- Segala daya aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam
2. Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya
manusia untuk memenuhi kehidupannya dengan cara belajar (sec. formal
ataupun informal)
•
Buddhayah (bahasa Sanskerta) à bentuk jamak dari budi/akal,
jadi kebudayaan adalah daya dari budi yang berupa cipta, karsa, dan rasa
•
Cipta :
kerinduan
manusia untuk mengetahui rahasia sgl hal yg ada dalam pengalamannya, yang
meliputi pengalaman lahir & batin. Hsl dr cipta adalah berbagai ilmu
pengetahuan
•
Karsa :
kerinduan
manusia untuk menginsyafi ttg hal-hal “sangkan paran”, dari mana manusia
sebelum lahir (=sangkan) dan kemana manusia sesudah mati (=paran). Hsl dr karsa
adl norma-norma keagamaan/kepercayaan. Timbullah bermacam-macam agama/kepercayaan,
karena adanya kesimpulan manusia ttg “sangkan paran” yg bermacam2 pula.
•
Rasa :
Kerinduan
manusia akan keindahan sehingga menimbulkan dorongan utk menikmati keindahan.
Manusia merindukan keindahan dan menolak keburukan/kejelekan. Hasil dari rasa adalah
berbagai bentuk norma keindahan yang kemudian menghasilkan macam-macam
kesenian.
Kesimpulan :
•
Keb adl sgl sesuatu yang dilakukan dan dihslkan
oleh manusia, shg dpt dibedakan: 1) kebudayaan material (jasmaniah), mis :
benda2 ciptaan manusia (alat2
perlengkapan hdp), 2) kebudayaan non material (rohaniah), yi : semua hal yang
tdk dpt dilht dan diraba, mis : religi/agama, bahasa, ilmu pengetahuan, dll.
•
Keb itu
tdk diwariskan secara generatif (biologis), melainkan hanya mungkin diperoleh
dengan cara belajar
•
Keb itu diperoleh manusia sebagai anggota
masyarakat. Tanpa masyarakat akan sulit bagi manusia utk membentuk keb.
Sebaliknya tanpa keb. tidak mungkin bagi manusia baik sec individual maupun
masyarakat untuk mempertahankan kehidupannya
•
Pengertian Apresiasi Budaya
Pengertian Apresiasi Budaya
- Menikmati hasil budaya
- Menghargai hasil budaya
- Memahami hasil budaya
- Menghayati hasil budaya
- Mengimplikasikan hasil budaya
•
pemahaman dan pengenalan secara tepat sehingga
tumbuh penghargan dan penilaian terhadap hasil budaya
•
kegiatan menggauli hasil budaya dengan
sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan kritis, dan
kepekaan perasaan yang baik terhadap hasil karya
•
Struktur Keilmuan Kebudayaan
•
Dua unsur fisik manusia dan budaya
•
•
Kecakapan berpikir dan berbahasa, kebudayaan
saling berhubungan yg tak terpisahkan
KEBUDAYAAN
•
8 Unsur Kemanusiaan
- Cinta kasih SIFAT
- keindahan
- Penderitaan
- Keadilan
- Pandangan Hidup
- Tanggung Jawab
- Kegelisahan
- Harapan
•
Cinta Kasih
•
Paduan rasa simpati antara dua makhluk atau
lebih
•
diibaratkan sebagai bentuk seni, sangat
memerlukan pengetahuan dan latihan untuk bisa menggapainya
•
cinta terletak pada aspek memberi dan bukan
menerima
•
Manusia dan cinta kasih
•
Manusia mempunyai 2 sumber kekuatan besar yang
dapat menggerakkan manusia untuk bertingkah laku :
-
Akal dan Budi
-
Nafsu
·
Perasaan cinta dipengaruhi oleh 2 sumber kekuatan tersebut.
•
Perasaan cinta kasih yang digerakkan oleh akal
budi disebut cinta kasih tanpa pamrih à
cinta sejati, tidak ada kehendak untuk memiliki/menguasai,tidak menimbulkan
kewajiban, melainkan tanggung jwb, tulus, tdk menuntut balasan, lebih banyak
memberi drpd menerima, keberadaannya bkn disebabkan oleh unsur2 eksternal, ttp
bersifat internal.
•
Perasaan cinta kasih yang digerakkan oleh nafsu
disebut cinta pamrih
•
Keindahan
•
Identik dengan kebenaran
•
Keindahan adalah Kebenaran dan kebenaran adalah
keindahan. Keduanya mempunyai nilai yg sama yaitu abadi, mempunyai daya tarik
yg selalu bertambah, yg tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah.
•
Keindahan jg bersifat universal (tidak terikat
oleh selera perorangan, waktu, dan tempat)
•
Keindahan adlh sesuatu yg mendatangkan rasa
menyenangkan bagi yang melihat
•
Keindahan bersifat jasmani èmenyenangkan indra manusia
(penglihatan/pendengaran)
•
Keindahan jg bersifat rokhaniè menyenangkan
batin,Ke2nya (jasmani dan rokhani) tak dpt dipisahkan.
•
Keindahan : subjektif (selera perorangan),
objektif (universal, abadi = kebenaran)
Contoh :
•
sebuah lukisan
sec. lahiriah menyenangkan , ttp jk sec. batiniah manusia menolaknya,
krn lukisan itu dpt merusak kemanusiaan manusia, mk lukisan itu tdk berhak
dikatakan indah.
•
Jadi, persepsi keindahan yg muncul dr akal
budi dpt disebut sbg keindahan dlm arti
yg sebenarnya, sedangkan keindahan yg muncul krn dorongan nafsu mrp keindahan
semu.
•
Spy manusia tdk terjerumus ke dlm keindahan
semu, mk manusia tsb hrs selalu mempertemukan keindahan subjektif dgn keindahan
yg objektif (sesuai dg selera dan minat akal budinya
PENDERITAAN
Derita = menanggung sesuatu yang tidak menyenangkan (KBRI).
Setiap orang selalu berusaha nenjauhi penderitaan.
Sumber penderitaan : Internal dan Eksternal
Internal : rasa.karsa dan karya (Yang selalu kurang)
Penyembuhan : menumbuhkan kesadaran adanya keadaan yang
berlawanan dengan sesuatu yang dijadikan pembanding.
•
Eksternal : murni dan tidak murni
•
Eksternal murni : bukan ulah manusia (bencana
alam).
•
Eksternal tidak murni : ulah manusia(sakit
karena tidak mau menjaga kesehatan).
Setiap manusia berkewajiban untuk mengurangi penderitaan
baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain
•
KEADILAN
•
Adil : tidak berat sebelah, tidak memihak
(KBBI).
Macam-macam adil :
- Adil kualitatif (proporsional ) : meletakkan atau menempatkan sesuatu pada tempatnya
- Adil kuantitantif : berdasarkan pembagian yang rata. (sama)
•
KEADILAN
Keadilan terkait
dengan kewajiban dan hak.
Kewajiban selalu
terkait dengan hak tetapi hak tidak selalu terkait dengan kewajiban (terutama
hak asasi manusia).
Setiap manusia wajib menegakkan keadilan atau berlaku adil
dalam kehidupannya sehari-hari
•
PANDANGAN HIDUP
•
Konsep yang dimiliki seseorang atau golongan
dalam masyarakat yang bermaksud menanggapi dan menerangkan segala masalah di
dunia ini.
•
Pandangan hidup ditentukan oleh pengalaman hidup
dan pendidikan yang telah diperoleh.
•
Pandangan hidup secra struktural terkait unsur
kebudayaan
•
Pandangan hidup sesorang haruslah dihormati dan
dihargai.
Meskipun demikian, pandangan hidup harus sesuai dengan
unsur-unsur kemanusiaan lainnya. Jika pandangan hidup seseorang bertentangan
dengan unsur kemanusiaan apalagi kalau sampai merugikan orang lain maka ia akan
berhadapan dengan pengadilan
•
Tanggung jawab
•
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan
tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
•
Tanggung jawab terkait dengan kewajiban, yaitu
sesuatu yang dibebankan oleh seseorang.
•
Macam-macam tanggung jawab, yaitu tanggung jawab
kepada :
•
1. Keluarga, 2. masyarakat, 3. bangsa, dan 4.
Tuhan.
Perbuatan seseorang dapat dikatakan positif atau negatif
tergantung dari dampaknya pada orang lain.
Jika perbuatan sesorang itu bertujuan baik namun berdampak
negatif terhadap orang lain maka dampak negatif itulah yang harus
dipertanggungjawabkan
KEGELISAHAAN
KEGELISAHAAN
•
Gelisah adalah rasa tidak tentram di hati atau
merasa selalu khawatir tidak tenang, tidak sabar, cemas dan sebagainya.
Bentuk kegelisahan :
Keterasingan, kesepian, dan ketidakpastian.
Penyebab keterasingan :
1. Perbuatan yang tidak diterima masyarakat.
•
2. Cacat fisik
•
3. Sosial ekonomi, dan pendidikan yang rendah
Penyebab kesepian :
Frustasi da takut kehilangan hak kesamaan.
Penyebab ketidakpastian :
- obsesi, 2. phobi, 3. kompulsi, 4. histeri, 5. delusi, 6. halusinasi, dan keadaan emosi.
Macam-macam kegelisahan :
Objektif, neurotik, dan moral.
Penyebab gelisah:
- Takut kehilangan hak-haknya dan
- Memperoleh ancaman baik dari luar maupun dari dalam.
Setiap manusia mempunyai kewajiban untuk mengurangi
kegelisahan baik dirinya maupun diri orang lain.
•
HARAPAN
Harapan berasal dari kata harap, artinya keinginan supaya
sesuatu itu terjadi.
Lima macam harapan manusia :
- Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup
- Harapan untuk memperoleh keamanan.
- Harapan untk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai.
•
4. Harapan untuk memperoleh status atau untuk
diterima atau diakui lingkungan.
•
5. Harapan untuk memperoleh perwujudan dan
cita-cita.
Setiap orang mempunyai harapannya sendiri dan itu harus kita
akui dan kita hargai.
Harapan yang baik ialah harapan yang sesuai dengan kondisi
dan situasi yang dimiliki setiap orang dan tidak melanggar unsur-unsur
kemanusiaan yang ada pada dirinya dan diri orang lain
•
Cara mencapai harapan ialah dengan berusaha,
berkeyakinan bahwa harapannya bisa tercapai, dan diusahakan untuk mencapainya
dengan memperhatikan unsur kemanusiaan sehingga tdk merugikan orang lain
•
Jika setelah dilakukan berbagi usaha harapan
tidak juga bisa tercapai maka hrs bertawakal kepada Tuhan Yang Mahakuasa
•
IDE/GAGASAN/NILAI/NORMA/PERATURAN
•
Sesuatu yang bersifat abstrak (tak dpt diraba
atau difoto)
•
Berupa kerangka pemikiran dalam otak
•
Berupa kerangka perilaku yang ideal
•
Berupa tatanan/peraturan/norma ideal.
•
Bisa dituangkan dlm bentuk tulisan dan disimpan
dlm bentuk : buku, disk, CD, dsb.
•
TINDAKAN (ACTIVITIES)-SISTEM SOSIAL
•
Bersifat konkret, bisa diobservasi, difoto, dan
didokumentasikan
•
Tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat
•
Perilaku manusia dlm hidup bersosialisasi dan
berkomunikasi
•
Prilaku manusia dlm bergaul dgn sesama
•
Prilaku manusia dlm sehari-hari menurut pola2
tertntu yg berdsarkn adat tata klakuan
•
ARTEFAK(ARTEFACT)
KEBUDAYAAN FISIK
KEBUDAYAAN FISIK
•
Bersifat paling konkret
•
Dapat diraba, dilihat, difoto,dsb
•
Benda-benda yg sangat besar mis : pabrik,
pesawat, candi, bangunan2 besar sampai benda2 kecil seperti kancing baju, jarum
dsb.
•
HUB ANTARA WUJUD BUDAY YG SATU DGN YG LAIN
•
Saling berkaitan, tidak berdiri sendiri-sendiri,
saling mengisi.
•
Kebudayaan ideal memberi bentuk dan mengarahkan,
sedangkan kebudayaan aktivitas melaksanakan upayanya, dan kebudayaan fisik/artefak
memberikan perwujudan nyata atas usaha.
•
CONTOH WUJUD BUDAYA
•
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
•
KEBUDAYAAN IDEAL
•
CITA-CITA UNY
•
VISI DAN MISI UNY
•
NORMA-NORMA/ATURAN-ATURAN UNTUK MAHASISWA,
DOSEN, DAN KARYAWAN.
•
ATURAN-ATURAN UJIAN, PERKULIAHAN,DSB.
DITUANGKAN DALAM BENTUK VISI DAN MISI, PERATURAN AKADEMIK,
TATA TERTIB MAHASISWA, TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
•
AKTIVITAS/TINDAKAN
•
Dosen
memberi kuliah
•
Mahasiswa
mendengarkan, mencatat materi kuliah
•
Dosen menguji skripsi, mahasiswa menjawab
pertanyaan
•
Karyawan mengetik surat-surat, mengatur
buku-buku, membersihkan halaman dsb.
•
WUJUD ARTEFAK
•
Uny merupakan himpunan benda-benda fisik.
•
Gedung-gedung, ruang kuliah, deretan bangku
kuliah, himpunan buku-buku, dll.
•
Sekumpulan meja tulis, komputer, dan timbunan
alat-alat lainnya.
•
TUJUH UNSUR BUDAYA
•
1. Bahasa
•
2. Sistem pengetahuan
•
3. Organisasi sosial
•
4. Sistem peralatan hidup dan teknologi
•
5. Sistem mata pencaharian hidup
•
6. Sistem religi
•
7. Kesenian
•
SIFAT BUDAYA
•
1. Adaptasi
•
2. Integratif
•
3. Terbagi
•
4. Berubah
•
5. Memaksa
•
6. Harus dipelajari
•
integratif
•
Integrasi budaya ini sering disebut asimilasi
budaya. Asimilasi budaya adalah proses yg terdiri dr integrasi budaya dimana
anggota dr suatu kebudayaan seperti imigran yg biasanya merupkan gol minoritas
diterima dlm komunitas baru yg lebih besar. Proses asimilasi ini menyebabkan
hilangnya beberapa karakteristik dr komunitas yg terserap.
•
(asimilasi, yaitu pembauran kebudayaan yang
disertai dengan hilangnya ciri kebudayaan asli)
Faktor utama dlm
asimilasi ini adalah faktor bahasa, selain asimilasi bentuk integrasi budaya
lain adalah akulturasi, yaitu penerimaan sebagian unsur-unsur asing tanpa
menghilangkan kebudayaan
•
PERUBAHAN BUDAYA
•
1. Evolusi
•
2. Linier
•
3. Siklus
•
4. Spiral
•
5. Difusi
•
6. Inovasi
•
7. Akulturasi
•
8. Asimilasi
•
BENTUK-BENTUK DR PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Evolusi :
perubahan kebudayaan yang berlangsung lambat, dari proses yang sederhana sampai
ke proses sempurna dalam waktu yang lama
•
LINIER
•
PERUBAHAN KEBUDAYAAN YANG BERLANGSUNG SECARA
MAJU TERUS DAN MENINGGALKAN KEBUDAYAAN YANG LAMA
•
SIKLUS
•
PERUBAHAN KEBUDAYAAN YANG SELALU BERPUTAR DAN
SUATU SAAT AKAN MUNCUL KEMBALI
•
Siklus kebudayaan adalah proses perubahan
kebudayaan yg merupakan bentuk pengulangan tradisi lama. Prubahan ini,
disebabkan adanya beberapa klompok masyarakat yg merasa bahwa tradisi lama
lebih baik dr tradisi yg tengah dijalani. Sehingga mereka berusaha kembali
untuk menggunakan tradisi lama agar mendapatkan segala sesuatu yg lebih baik
•
Suatu klompok masyarakat menekankan pembelajaran
gamelan dan wayang untuk para generasi muda mengingat kebudayaan tersebut sdh
banyak dipelajari oleh orang manca yg menimbulkan kekhawatiran kebudayaan
tersebut akan dimiliki orang manc tersebut.
•
Sedangkan contoh dlm hal budaya yg lain adalah
seperti budaya berpakaian di masa yg lampau terjadi lagi di masa sekarang
ataupun masa mendatang seperti halnya celana cutbray dan kemeja yg berkerah
•
Lebar. Budaya berpakaian seperti ini mencuat
lagi ke permukaan setelah sekian lama tergantikan oleh budaya berpakaian yg
lain, bisa disebabkan oleh pertukaran budaya antar negara atau antar wilayah.
Kita ambil contoh, misalnya trend budaya antar negara atau antar wilayah. Kita
ambil contoh munculnya trend budaya celana
panjang cutbray dikarenakan adanya seseorang yg berbeda budaya dan beda
negara mempopulerkan sperti Elvis Presley.
•
SPIRAL
PERUBAHA KEBUDAYAAN YANG BERLANGSUNG SECARA LAMBAT DAN
BERLANGSUNG BERULANG-ULANG
ATAU PERUBAHAN KEBUDAYAAN SPIRAL ADALAH PERUBAHAN KEBUDAYAAN
YG MENGITARI TITIK TERTENTU TANPA ADA UJUNGNYA, BERJALAN SECARA LAMBAT DAN
BERLANGSUNG SECARA TERUS MENERUS
•
Boleh dikatakan spiral itu sendiri akan
mengalami penambahan-penambahan atau pengurangan unsur budaya, namun budaya
dasar atau budaya pembentuknya masih tetap ada walaupun hanya gagasan-gagasan
atau ide2.
•
Perubahan spiral ada kalanya akan mengalami
kemunduran krn pengaruh dari manusia itu sendiri. Pola pikir manusia tidak
stabil, pada intinya perubahan budaya spiral tergantung pd manusia itu sendiri
Contoh : pakaian sbg titik kebudayaan. Pakaian berkembang
tanpa ada ujungnya. Pada zaman dahulu pakaian hanya sebatas penutup untuk
bagian tubuh tertentu. Setelah mengenal norma2 maka pakaian berkembang untuk
menutup sebagian besar bagian tubuh. Adanya penemuan berupa mesin pemintal,
berkembanglah apa yg kita sebut tekstil yaitu kain. Kain mengalami modifikasi
berbagai model pakain. Modifikasi itu berkembang tanpa henti. Seperti halnya
•
Model pakaian dr zaman dulu sampai sekarang terus
berubah, meskipun ada kalanya cenderung kembali kepada model dahulu namn pasti
mengalami modifikasi yg menjadi ciri tertentu yg berbeda dgn model yang dahulu tersebut. Kita lihat model
pakaian th 2009 ini, seperti apa. Kita tdk akan tahu bagaimana bentuk atau
model pakaian th 2020 nanti bahkan untuk tahu
2100 nanti. Hal ini dikarenakan pakaian mengalami perubahan budaya
spiral, yakni berkembang terus menerus
•
Dgn konsep dasar pakaian kemudian terjadilah
perubahan2 atau modifikasi tanpa henti dlm model pakaian, namun masih mengitari
konsep dasar pakaian sbg penutup tubuh meskipun model pakain yg berkembang
cenderung lebih terbuka.
•
Contoh lain adalah peralatan rumah tangga, dgn
titik pusat sbg alat mempermudah manusia dlm malakukan pekerjaannya, peralatan
rumah tangga
•
Selalu berkembang terus menerus sesuai dng
kemajuan teknologi. Tanpa kita ketahui kapan berhentinya krn teknologi selalu
berkembang, dengan konsep dasar peralatan rumah tangga unuk mempermudah
pekerjaan.
•
DIFUSI
•
PROSES PENYEBARAN UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN DARI
SUATU KELOMPOK KE KELOMPOK LAIN, DAN HRS DITERIMA OLEH INDIVIDU2 DR KEBUDAYAAN
LAIN.
•
CONTOH : Mobil adalah suatu unsur kebudayaan
yang mula-mula ditemukan di Eropa, dikembangkan di Eropa dan Amerika , kemudian
difusikan dari kedua pusat penyebaran itu ke benua-benua lain. Namun mobil
tidak dpt diterima oleh individu-individu dr masyarakat lain sbg suatu alat
pengangkutan yg berguna, apabila tdk ad unsur2 lain yg hrs melengkapi pemakaian
mobil itu, yaitu unsur2 sperti sistem jln yg baik dll.
•
INOVASI
PROSES PENYESUAIAN
DARI PENEMUAN BARU DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT
•
MELALUI DUA TAHAP KHUSUS, YAITU DISCOVERY DAN
INVENTION
•
ALKULTURASI
SUATU KEBUDAYAAN TERTENTU DIHADAPKAN DENGAN UNSUR-UNSUR
KEBUDAYAAN ASING SEHINGGA LAMBAT LAUN UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN ASING MELEBUR
KEDALAM KEBUDAYAAN SENDIRI TANPA MENYEBABKAN HILANGNYA KEPRIBADIAN KEBUDAYAAN
ITU.
•
ASIMILASI
•
PROSES SOSIAL YG TIMBUL BILA ADA GOL2 MANUSIA
DGN LATAR BELAKANG KEBUDAYAAN YG BERBEDA-BEDA, SALING BERGAUL LANGSUNG SECARA
INTENSIF UNTUK WAKTU YG LAMA, SEHINGGA KEBUDAYAAN 2 GOL-GOL TDI MASING 2
BERUBAH SIFATNYA YG KHAS, DAN JUGA UNSUR-UNSURNYA, MASING2 Berubah wujudnya
menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran
Etnis keturunan tionghoa yg berada di Indonesia, mereka dtg
sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Para estnis keturunan tionghoa ini
menjadi penguasa lahan ekonomi di indonesia, hampir semua lahan ekonomi,
sebelum th 1998, dikuasai oleh mereka.Tapi mereka krg melebur dgn masyarakat
asli pribumi indonesia, akhirnya pd kerusuhan 1998,merekalah yg menjadi sasaran
utma. Setelah itu, para imigran tionghoa ini memahami pentingnya integrasi
budaya,
•
Sekarang mereka sudah melebur dgn masyarakat
pribumi dan akhirnya mereka saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
•
Tempat atau komunitas dimana asimilasi itu
terjadi biasa disebut melting pot, Melting pot adalah sebuah wadah (pot) yg
berisi berbagai macam etnis yg bersatu padu sehingga menimbulkan sebuah
persatuan multietnis yg berkembang. Salah satu negara yg disebut merupakan
•
Melting pot paling baik di dunia adalah USA dan
Kanada.
•
Jadi memang salah satu hal penting imigrasi
adalah asimilasi budaya. Seorang imigran, harus dapat melebur dgn lingkungan
barunya, teruama dlm hal bahasa dan budaya. Kebanyakan, seorang imigran yg dpt
melebur dgn baik pd masyarakat barunya, tetapi tetap menunjukkan budaya
aslinya, akan mendapat tempat yg baik di masyarakat
•
Dan menjadi mudah akrab krn dianggap unik.
Bahkan asimilasi ini menjadikan timbulnya budaya-budaya baru, seperti kawasan
China Town atau Little Arab di beberapa negara di dunia. Hal ini menjadikan
keunikan sendiri, yaitu gabungan budaya asli yg kental disana, tapi sudah
disesuaikan dgn kebudayaan negara yg ditinggali, jadilah sebuah kebudayaan baru
yg menarik dan unik.
•
FAKTOR-FAKTOR PENDORONG
•
Homogenitas
•
Besar kecilnya kelompok, pada kelompok yang
kecil biasanya tingkat kemajemukannya juga relatif kecil, sehingga akan
mempercepat proses integrasi.
•
Mobilitas geografis
•
Efektivitas dan efisiensi komunikasi, komunikasi
yg berlangsung di dlm masyarakat akan mempercepat integrasi
•
7 pokok perbedaan tingkah laku manusia dengan
makhluk lainnya, khususnya hewan
•
1. Sebagian besar kelakuan manusia dikuasai oleh
akalnya sedangkan pada hewan oleh nalurinya. Dengan akalnya manusia menguasai
alam (Free mastery of nature) sehingga bisa hidup di manapun sedangkan hewan
hanya pada tempat tertentu saja.
2. Sebagian besar kehidupan manusia dapat berlangsung dengan
bantuan peralatan sbg hsil kerja akalnya.
•
Alat atau perlengkapan itu merupakan penyambung
akal tsb, sehingga bagaimanapun lemahnya manusia dengan akalnya itu masih bisa
menguasai alam.
•
3. Sebagian besar kelakuan manusia di dapat dan
dibiasakan melalui proses belajar, sedangkan pada hewan melalui proses
nalurinya.
•
4. Manusia mempunyai bahasa, baik lisan (lambang
vokal) maupun tertulis. Bahasa adalah alat komunikasi antar manusia yang amat
menunjang kelancaran belajar tadi, kedua hal merupakan paduan penting yg
mendorong kpda perkembangan kebudayaan. Kecakapan berpikir dan berbahasa,
kebudayaan saling berhubungan yang tak terpisahkan.
•
5. Pengetahuan manusia itu bersifat akumulatif
(terus bertambah). Sifat akumulatif ini disebabkan masyarakatnya yang
berkembang dan telah mempunyai sistem pembagian kerja
•
6. Sistem pembagian kerja dlm masyrakat manusia
lbih kompleks drpd msyrkt hewan.Pembagian kerja masyarakat manusia didasarkan
atas perhitungan akal dan kepentingannya. Sehingga bidang pekerjaan tertentu
ditangani oleh golongan orang tertentu pula, yang ahli di bidang tsb. Tetapi
seorang ahli di suatu bidang tertentu apabila berdasarkan pertimbangan rasional
dan kepentingan tertentu , bisa pula diserahi tugas di bidang lainnya. Mis.
Seorang dokter
•
Sedangkan masyrakat hewan pembagian kerjanya
berdasarkan naluri belaka. Mis. Pd masyarakat anai-anai, sejak lahir masing2
sdh ditakdirkan menduduki bdang tugas trtentu saja dan tdk prnah terjadi alih
tugas. Anai-anai bagian pengumpul dan perawat telur tdk bsa beralih tugas
menjadi anai2 bdg tentara dan sbaliknya.Statusnya masing2 ttp tidak berubah.
•
7. Masyarakat manusia sangat beraneka ragam,
sedangkan pd hewan tetap saja. Mis. Msyrkat manusia di Amerika sngt berbeda
bentuk dan tingkah lakunya drpd msyrakat di Indonesia. Tetapi masyarkat lebah
di Amerika, bentuk dan tingkah lakunya sama saja dengan lebah di Indonesia,
maupun di bagian dunia lainnya.
•
Manusia sbg makhluk termulia
•
1. Semua unsur alam, termasuk makhluk2 lain, dpt
dikuasai manusia untuk keperluan hidupnya.
•
2. Manusia mampu mengatur perkembangan hidup
makhluk lain dan menghindarkannya dr kepunahan.
•
3. Manusia mampu mengusahakan agar apa yang ada
di alam ini tidak saling meniadakan.
•
4. Manusia mampu mengubah apa yg di alam ini yg
secara alamiah tidak bermanfaat menjadi bermanfaat; baik bagi keperluan hidup
manusia sendiri, maupun kehidupan pd umumnya.
•
5. Manusia memiliki kreativitas oleh krnya mampu
menciptakan benda2 yg diperlukan dgn bentuk
dan model menurut keinginannya.
•
6. Manusia memiliki rasa indah dan krnnya mampu
menciptakan benda2 seni yg dpt
•
Dapat menambah kenikmatan hidup.
•
7. Manusia memiliki alt untuk komunikasi dgn
sesamanya yg diesbut bhs, yg memungkinkan mereka dpt saling bertukar informasi
demi kesempurnaan hidup bersama.
•
8. Manusia memiliki sarana pengatur kehidupan
bersama yg disebut sopan santun atau tata susila, yg memungkinkan terciptanya
suasana kehidupan bersama yg tertib dan saling menghargai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
kotak komentar