Rabu, 28 Januari 2015

GAMBAR ORNAMEN (KARYAKU)

     Setelah di postingan sebelumnya saya menjelaskan secara garis besar tentang ornamen, berikut saya akan memamerkan tugas-tugas gambar ornamen saya di semester 2. mata kuliah ini saya diajar oleh Ibu Arsianti Latifah, S.Pd., M.Sn. di matamu ada pelangi eh sory tiba2 keingetan dia :3. di mata kuliah ini kami diberikan tugas 8 macam. pengen tau? langsung aja cekitauw eh cekidot:

 0. COVER

     Dalam tuga ini semua karya diwajibkan untuk dijilid. karena itu dibutuhkan sebuah/secerca/selembar cover yang menarik, karena ada pepatah yang pernah mengatakan "Jangan Menilai Sesuatu Dari Jauh", karena kurang jelas.
     Di cover ini saya mengambil motif borneo yang saya buat dari corel. terlihat tidak ada curva (garis lengkung) dalam motif karena saya hanya menggunakan mouse (gak punya pen tab, doakan saja ya). dengan garis lurus memudahkan saya dalam menggambar objek karena hanya main tarik2 garis.

1. MOTIF SULAWESI


     Di dalam motif terlihat ada bintik-bintik putihnya itu bukan panuan lho ya, cuma karena kemarin pas gw clear eh belum kering main gw tumpuk aja, yah jadinya nempel dikertas lain deh. kesalahan ini juga berlaku di karya2 selanjutnya dibawah ini. Saya katakan lebih dini agar loe-loe para pembaca setia nggak kaget lupa makan minum cuma gara2 mikir kenapa terjadi seperti itu.
     Gebangetan kalo kesalahan gw ini juga terjadi sam loe yang juga dapet makul ini, soalnya kan udah gw bilangin. Ow ya maaf bahasanya terlalu gaul soalnya saya nulis ini sambil make helm GM.

2. MOTIF KALIMANTAN


     Entah kenapa motif ini begitu sensitif dikalangan darah muda, mungkin karena ada kata "MANTAN" yang membuat sahabat inget sama yang disana (njir gw jadi ikut galau XD), atau karena anda jadi inget lagu didi kemvot - perawan kalimantan yang bisa anda download di sini. atau anda bisa membeli CD bajakannya (jangan yang ori ya.. mahal soalnya).

3. MOTIF PESISIRAN


     Bagi yang bingung judulnya motif pesisiran tapi kok gambarnya megamendung asal cirebon silahkan buka "google.com". situs ini berisi all about motif pesisiran hanya dengan anda mengetikkan keyword motif pesisiran.

4. MOTIF SUMATRA


          Ow ya semua karya di atas (termasuk yang bawah nanti) memakai cat mowilex sisa dari nirmana dwimatra semester 1. masih banyak banget catnya padahal belinya cuma sekilo, padahal gue belinya patungan sama temen gue, padahal catnya gue pake ngecat gambar lain. padahal catnya masih banyak sampe sekarang.

5. MOTIF YOGYAKARTA


     Diantara Motif2 saya yang lain, menurutku ini paling rumit soalnya dalam penggarapannya tidak main-main. saya harus cari kos2an buat tinggal di Yogyakarta untuk mengenal lebih dalam ornamen yogyakarta #respect (padahal emang udah ngekos kan kuliahnya di UNY juga :v)

6. MOTIF BALI


     Ornamen ini yang paling saya suka karena mengambil bentuk hewan/makhluk mitologi. dengan mengambil bentuk tersebut membuat ornamen menjadi berkarakter dan menurut saya lebih menarik. kenapa warnanya biru ? soalnya pas lagi ngecat gue sambil nonton little krishna di ANTV #rapenting.

7. APLIKASI DALAM BOTOL


     Setelah Beberapa ornamen dituangkan dalam selembar kertas putih tinggal ku lukis dengan tinta pesan damai dan terwujud harmoni, di tugas ke 7 ini medianya ditentukan yaitu botol. terlihat saya menggunakan botol sirup M*ARJAN (maaf gak boleh nyebut merek).
     Memang botolnya tidak artistik dibanding botol teman2 saya yang kebanyakan memakai botol minuman keras (es batu kalee keras). Mau gimana lagi karena saya rajin beribadah dan suka mengaji tidak pernah mengenal minuman2 seperti itu. Namun dengan skill saya yang tingkat dewa dengan tekhnik craftmanship saya berhasil membuatnya menjadi bernilai artistik tinggi. Sebenarnya coraknya campuran gak jelas, tapi dominan motif Aceh.

8. APLIKASI DALAM SANDAL


     Sebenarnya tugas ke-8 pengaplikasian nya bebas, mau ke kaos, baju, t-shirt, shirt, terserah pokoknya. dan sebenernya lagi awalnya saya mengaplikasikan desain saya pada kaos yang saya sablonkan di Kedai Digital. harganya sih lumayan, lumayan memeras kantong kami para mahasiswa TunaDana. 85 ribu men, udah gitu ternyata jadinya H+3.
     Niatnya sih mau ngumpul H+3 dari deadline karena nunggu sablonannya jadi, tapi waktu gue mau ke wc tiba2 gue baru kepikiran "oh iyo sendalku iki kan enek ukirane" kata ku dengan suara yang merdu. Saya baru teringat dulu saya pernah mengukir sandal jepit pake cutter (waktu belum mengenal cukil). Yasudah akhirnya sandalnya saya cuci dan cling..cling..cling.. bersih seperti baru. Akhirnya saya pun bisa mengumpulkan tepat pada hari H.
   
     Nah setelah urusan tugas clear selang beberapa hari nilai keluar dan jreng..jreng..jreng..gue dapet nilai B+. sebenernya gue mengharap lebih, minimal A lah, tapi ya sudahlah itu sudah membuatku gembira tingkat kecamatan. Nah jika sahabat pembaca setia ingin membuat saya lebih bahagia share artikel saya ini dan jangan lupa meninggalkan komentar ya... :-) ..



tags: ornamen nusantara, mata kuliah gambar ornamen uny, gambar ornament uny, ornamen jogja, ornamen yogyakarta, ornamen kalimantan, ornamen pesisiran, ornamen sulawesi, ornamen sumatra, ornamen keren, ornamen tradisional, seni rupa uny, batik keren, ornamen bali. ornamen unik
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kotak komentar

wassalah

wassalah